.
4shared.com - Free file sharing and storage

Sabtu, 19 Desember 2009

Layanan Jaringan Masa Depan Mulai Digunakan


Di saat masyarakat Indonesia masih belum dapat merasakan kecepatan sesungguhnya dari jaringan 3G, teman-teman kita di luar sana sudah mulai merasakan kecepatan jaringan 4G atau biasa disebut LTE. Baru-baru ini, TeliaSonera dan Ericsson meluncurkan layanan 4G komersial pertama di Stockholm, Swedia. Peluncuran tersebut membuat Stockholm menjadi kota pertama di dunia yang dapat mencoba teknologi jaringan LTE.

Ericsson mensuplai TeliaSonera dengan sistem LTE, termasuk stasiun LTE berbasis radio yang merupakan bagian dari seri RBS6000. Seri tersebut merupakan sebuah jaringan Evolved Packet Core. Jaringan tersebut merupakan solusi backhaul bergerak termasuk penerus SmartEdge 1200. Sistem LTE ini berdasarkan standar 3GPP untuk teknologi Long Term Evolution (LTE) dan teknologi Evolved Packet Core (EPC).

Pusat kota Stockholm sepenuhnya tercakup oleh jaringan LTE melalui TeliaSonera menggunakan perangkat Ericsson. Hal tersebut menjadi penyebaran LTE terbesar sampai saat ini. Para pelanggan TeliaSonera dapat memanfaatkan layanan LTE dengan menggunakan Samsung LTE yang saat ini telah tersedia secara komersil.
Untuk terus mendukung 4G di Stockholm, TeliaSonera berencana untuk menukar modem yang telah dimiliki para pelanggannya. Mereka akan menukar modem lama milik pelanggan dengan modem baru yang dapat support LTE dan juga HSPA.

Bagaimana dengan belahan dunia lainnya, seperti Indonesia? Apakah jaringan 4G akan segera masuk ke Indonesia? Mari kita tunggu saja perkembangan dunia telekomunikasi Indonesia.

(Choi)

Sumber : Chip.co.id

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger