.
4shared.com - Free file sharing and storage

Sabtu, 09 Januari 2010

Trafik Pelanggan IM2 Turun 200 Mbps


Jakarta - Indosat Mega Media (IM2) mengakui trafik mobile broadband 3G yang disalurkannya kepada pelanggan turun sekitar 200 Mbps sejak 17 Desember 2009. Pada hari biasa, rata-rata trafik broadband IM2 mencapai 750 Mbps.

Berdasarkan pengalaman, menurut Nanan D Machdi, General Manager Customer Relation IM2, trafik broadband 3G cenderung turun dari hari biasa saat libur panjang.

"Kemungkinan besar pelanggan lebih memilih layanan voice ataupun SMS untuk berinteraksi dengan kerabat atau sahabat selama libur panjang akhir tahun."

Penurunan trafik terjadi secara merata, baik di kota-kota besar ataupun daerah-daerah penyangga kota. Diperkirakan trafik akan kembali normal setelah masa libur panjang berakhir pada 3 Januari 2009.

Dengan turunnya trafik, seharusnya menjadi kemudahan bagi pelanggan IM2 lainnya untuk mengakses internet lebih cepat dan lancar. Namun di lapangan, hal itu tidak seluruhnya dirasakan pelanggan.

"Sebagai pelanggan, saya merasa aneh. Nature dari mobile broadband karena pemakaian menurun, cell-nya akan berkembang. Lantas kenapa, di daerah saya tetap saja kualitasnya jelek. Sering putus sendiri," keluh Darwin, pelanggan IM2 di bilangan Bukit Duri, Jakarta.

Padahal, menurut IM2, kualitas jaringannya telah meningkat dari sisi infrastruktur Node-B yang dibangun induk perusahaannya, Indosat. "Peningkatan yang dilakukan antara lain penebalan power, CE, dan perolehan tambahan kapasitas 5 Mhz di kanal jaringan 3,3 Ghz."

Berdasarkan tren trafik yang dicatatnya, IM2 memperkirakan trafik penggunaan mobile broadband di akhir tahun 2009 ini akan mencapai kisaran 1,2 Gbps-1,4 Gbps.

"Sebagai pelanggan, saya tidak peduli klaim IM2 bisa menyalurkan trafik sampai berapa Gbps. Yang penting nyaman untuk koneksi, dan itu sesuatu yang mahal bagi pelanggan IM2 karena tidak pernah dirasakan," tandas Doni, pelanggan IM2 lainnya.

(Choi)

Sumber : Detikinet.Com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger