.
4shared.com - Free file sharing and storage

Sabtu, 09 Januari 2010

Ponsel Super Google Ancam Jaringan Operator


Jakarta - Ponsel Google, Nexus One, telah dirilis dan sepertinya mendapat sambutan baik. Di satu sisi hal ini menguntungkan operator karena pelanggan bertambah, namun jaringan mereka terancam lumpuh karena makin banyak user memakai handset untuk mengakses web ataupun video online berkualitas tinggi.

Jumlah smartphone populer seperti iPhone dan mungkin Nexus One, diprediksi bakal naik dua kali lipat pada tahun 2013 di Amerika Serikat. Hal ini membuat operator setempat seperti AT&T, Verizon Wireless dan T-Mobile dinilai perlu waspada menangani jaringan.

Kekhawatiran tersebut bukan tanpa alasan. AT&T misalnya, sudah menerima beberapa keluhan terkait jaringan yang tiba-tiba ngedrop. Gangguan tersebut potensial menimpa operator lain karena mereka juga getol menawarkan smartphone dalam sistem bundling.

AT&T yang secara eksklusif menjual iPhone di AS, mengalami lonjakan trafik data sebesar 5000 persen dalam tiga tahun terakhir.

"AT&T terus berinvestasi untuk membuat pengalaman berponsel user lebih baik. Namun ketersediaan spektrum frekuensi adalah tantangan utama industri ini yang harus diatasi," kilah juru bicara AT&T, Fletcher Cook.

Analis dari UBS Securities LLC, John Hodulik menilai sangat penting bagi operator untuk meningkatkan investasinya. Ini diperlukan jika mereka ingin mengimbangi tumbuhnya popularitas ponsel seperti Nexus One, yang menjanjikan akses internet mumpuni.

Nexus One yang dilabeli Google sebagai ponsel super, memang punya pilihan akses data yang beragam sehingga konsumen bakal banyak memanfaatkannya untuk berselancar di dunia maya. Apalagi tersedia pula pilihan download aplikasi beragam dari Android Market.

(Choi)

Sumber : Detikinet.Com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger