.
4shared.com - Free file sharing and storage

Rabu, 27 Mei 2009

Ilmuwan Berharap Komputer Pecahkan Misteri Herculaneum


WASHINGTON - Beberapa ilumawan asal University of Kentucky, Amerika Serikat, berharap teknologi komputer yang semakin moderen mampu membaca lembaran paprius merupakan bagian sejarah di suatu kawasan di Herculaneum, Italia.

Para ilmuwan tersebut berharap, setidaknya dua dari ratusan lembaran papirus itu mampu dikuak. Ini menjadi suatu hal yang penting, sebab lembaran itu akan mengungkap peristiwa sejarah yang terjadi di Herculaneum, dan rahasia-rahasia lain mengenai Julius Caesar yang terjadi 2 ribu tahun silam.

Nantinya, ilmuwan tersebut akan menggunakan sistem Enhanced Digital Unwrapping yang dikembangkan di Inggris untuk eksplorasi dan Konservasi proyek ini. Nantinya, alat seperti pemindai ini bakal menampilkan gulungan naskah tersebut, secara rapi untuk akhirnya dapat dibaca.

"Ini menjadi tugas berat bagi kami. Tapi kami akan berusaha keras, karena objek akan dipindai dalam 3 dimesi, tanpa harus membukanya," ujar Profesor Brent Seales juru bicara tim ilmuwan, seperti yang dilansir PCnet.

"Jika proyek ini berhasil, maka akan ada langkah besar kemudiannya. Karena, ada banyak rahasia yang bakal terkuak," tandasnya. (Choi)

Sumber : Okezone.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger