.
4shared.com - Free file sharing and storage

Selasa, 26 Mei 2009

Secu Wipe, Aplikasi Pembersih Data Ponsel PDA


Di dalam sebuah ponsel PDA terdapat banyak data, berupa daftar kontak rekan, e-mail, SMS dan MMS. Selain itu ada catatan, rekaman, daftar panggilan, data appointment, file, folder dan task, serta data temporer yang terbentuk otomatis saat kita menjalankan program atau browsing di Internet.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, ponsel PDA yang kita gunakan saat ini tidak selamanya akan kita miliki. Pada suatu saat nanti, ponsel tersebut akan berpindah tangan. Entah karena dijual atau dihibahkan ke orang lain.

Jika dipindahtangankan, maka data-data di dalam PDA sudah pasti tidak akan bisa dipakai lagi. Untuk menghindari data pribadi jatuh ke orang yang tidak berhak, kita harus membersihkan isinya.

Biasanya, pembersihan isi memori dilakukan dengan melakukan hard reset pada perangkat dan format pada kartu memori. Tapi, sesunggunya data pada perangkat tidak sepenuhnya hilang dengan format atau hard reset. Hal ini terjadi karena pada saat diformat, sebenarnya yang dihapus adalah indeks dari file, sementara filenya sendiri masih tersimpan dalam memori. Data baru benar-benar hilang setelah ada data baru yang menumpuk data sebelumnya.

Agar data benar-benar hilang, setelah melakukan hard reset dan format Anda dapat mengisi penuh ruang memori, kemudian memformatnya lagi. Alternatifnya, gunakan software pihak ketiga seperti Secu Wipe.

Secu Wipe
Secu Wipe merupakan program yang menawarkan kemudahan membersihkan isi memori ponsel PDA. Dengan gabungan algoritma Bruce Schneier, algoritma Peter Gutman, metode U.S. Department of Defense - DoD 5220.22-M dan zero fill Secu Wipe menjamin seluruh seluruh SMS rahasia, jejak browsing, cookie, berikut file temporer tidak akan bisa dilihat orang lain.

Dalam pembersihan data, metode Zero fill akan mengisi data yang sebelumnya terdiri dari angka 1 dan 0, dan mengubahnya dengan angka 0. Standar US Department of Defense - U.S. DoD 5220.22-M (C) akan menumpuk isi memori dengan byte acak dikurangi 1 pass.

Penghancuran data masih belum selesai dengan standar U.S. DoD 5220.22-M (E), semua isi memori akan ditumpuk dengan 0, 1 dan byte acak dikurangi 3 pass. Selanjutnya, sesuai standar U.S. DoD 5220.22-M (ECE), program akan menjalankan metode U.S. DoD 5220.22-M (E), lalu U.S. DoD 5220.22-M (C) dan U.S. DoD 5220.22-M (E) dikurangi 7 pass.

Belum selesai sampai di situ. Aplikasi yang dapat berjalan di PDA berkecepatan 150 MHz ke atas ini akan menjalankan algoritma Bruce Schneier yang akan menumpuk file dengan bit 0, lalu mengisi dengan 1 dan lima kali bit acak kriptografi dengan standar SHA 512 bit dikurangi 7 pass.

Agar data benar-benar tidak dapat dikembalikan lagi selamanya, algoritma terakhir Peter Gutmann, akan melakukan penumpukan isi memori sebanyak 35 kali. Proses ini akan memakan waktu lima kali lebih lama dibanding algoritma Bruce Schneier.

Program yang dirancang untuk prosesor ARM, MIPS, SH3, SH4, X86 ini dapat diunduh dari http://www.aikosolutions.com/download/download-secuwipe/. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Anda tinggal mengikuti alur wisaya untuk membersihkan seluruh isi memori.

Aplikasi
Nama File: secuwipe.arm.cab (Secu Wipe versi 1.2.0.6)
Ukuran File: 700KB
Situs download: http://www.aikosolutions.com/download/download-secuwipe/
Jenis: Demo
Developer: Aiko Solutions
Sistem operasi: Windows Mobile Windows Mobile 6 Professional, Windows Mobile 6 Classic, Windows Mobile 5.0 for Pocket PC Phone Edition, Windows Mobile 5.0 for Pocket PC, Windows Mobile 2002/2003/2003SE/2005, Windows CE 3.0/4.0/4.1/4.2/5.0/5.2, Handheld PC 2000 (Windows CE 3.0), Pocket PC 2000/2002/2003/Phone Edition. (Choi)

Sumber : Yahoo.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger