.
4shared.com - Free file sharing and storage

Minggu, 13 Desember 2009

Acer Aspire One Slim, Beda Tipis dengan Pendahulunya


Jakarta - Invasi akhir tahun Acer telah dilakukan. Untuk urusan netbook, Acer mengeluarkan seri Aspire One yang lebih tipis dengan paket Windows 7. Lantas apa bedanya dengan Aspire one terdahulu?

Desain Secara Umum Sama, Hanya Lebih Tipis

Dari sisi body secara umum versi baru dari Aspire One ini hampir sama dengan pendahulunya, hanya lebih tipis. Jika diperhatikan Aspire One lama akan terasa lebih gendut. Mungkin dalam hal ini Acer mengikuti trend netbook 10 inch berdesain tipis, seperti yang dimiliki kompetitor-kompetitor mereka.

Dari sisi display, netbook ini memiliki ukuran 10,1 inch wide-screen, yang merupakan ukuran standar dari netbook yang ada di pasaran saat ini. Maka netbook ini terasa lebih lebar dibanding versi lama yang hanya 8,9 inchi. Frame kanan dan kiri yang dulu terkesan sempit kini telah melebar. Alhasil kesan lega lebih bisa dinikmati dalam bekerja dengan netbook ini.

Di bagian atas netbook ini masih dilengkapi webcam yang sama seperti seri terdahulu. Untuk bagian atas kiri terdapat tombol bluetooth dengan 3 buah lampu indikator keyboard dan di bagian atas kanan seperti biasanya terdapat tombol power. Sementara panel WiFi terdapat di bagian kanan bawah. Secara umum letak tombol-tombol fungsi tersebut tidak berbeda. Yang menjadi perbedaan adalah adanya multi-touch gesture dengan tombol klik yang didesain kembali ke model konvensional. Tidak seperti seri terdahulu dimana klik kanan dan kiri terpisah dan terletak di samping touchpad.

Untuk masalah keyboard sepertinya tidak ada perubahan berarti. Besar tombol serta desain masih sama seperti seri terdahulu. Saat dicoba untuk mengetik pun rasanya masih sama, kecuali rasa nyaman yang didapat, karena monitor yang lebih lebar. Jika dibanding Toshiba NB 200 atau HP mini note, keyboard Acer ini bisa dibilang masih kalah nyaman.

Fitur Standar

Acer Aspire one slim ini kini dipaket dengan Windows 7 starter edition 32-bit. Di dalamnya sudah termasuk trial Microsoft Office selama 60 hari. Untuk masalah fitur pendukung nampaknya Acer tidak memiliki fitur penghemat baterai, seperti yang ada pada Asus Eee PC.

Namun netbook baru Acer ini memiliki portal bernama Acer Game Zone. Bagi pengguna yang menyukai mini game, fitur ini sangat cocok bagi mereka. Pasalnya Acer menyediakan game-game lucu seperti Chicken Invaders 2, Granny In Paradise, atau Cooking Dash dalam versi trial. Pengguna bisa segera melakukan registry setelahnya. Acer juga memberi ranking pada game-game terlaris dan game-game terbaru yang siap diunduh.

Untuk masalah port, di bagian kiri netbook ini terdapat port LAN, VGA, 1 buah USB, serta audio. Sementara di sisi kanan terdapat port power, 2 buah USB serta card reader.


Performa audio kasar, baterai hemat

Pada dasarnya Aspire one adalah seri netbook yang menggunakan prosesor Intel Atom. Jika di seri terdahulu ia menggunakan prosesor Intel Atom N270, kini Aspire One dibekali Intel Atom N280, serta RAM sebesar 1 GB. Dengan spesifikasi dasar tersebut maka netbook ini cocok bila digunakan aktivitas normal seperti browsing, mengetik, editing foto ringan serta bermain mini games.

Untuk masalah audio sepertinya suara yang dihasilkan kasar dan kurang nyaman di telinga. Dengan speaker yang terletak di bagian bawah body netbook, kualitas suara yang dihasilkan sedikit mengecewakan. Saat dicoba untuk memutar lagu bergenre jazz, klasik, ataupun rock suara yang keluar didominasi oleh treble saja. Bahkan saat equalizer disetting dengan kapasitas bass yang dominan, nampaknya tak ada perubahan berarti. Masih terdengar kering di telinga. Sedikit lebih baik bila pengguna memakai headphone. Untuk masalah baterai, dilakukan pengetesan dengan settingan brightnes sekitar 50%, WiFi kondisi hidup, dan membuka aktif browser dalam kondisi idle, namun tidak standby. Acer Aspire One ini terbukti dapat bertahan sekitar 5 jam, sebelum netbook ini mati dengan baterai 6 cell nya.

Spesifikasi Umum:
- Processor Intel Atom N280 1.66GHz
- Memory 1GB DDR2 SDRAM PC-5300
- Hardisk 220 GB HDD 5400RPM
- Layar 10.1 WSVGA LED CrystalBrite
- WiFi IEEE 802.11b, IEEE 802.11g
- Bluetooth, CardReader SD,MMC,Memory Stick/Stick Pro, xD-Picture Card
- WebCam
- Baterai 6-cell
- Berat 1.15Kg
- OS Windows 7 starter edition atau XP SP3
- Warna Hitam, Biru, Merah


Kesimpulan:
Ringan, tipis dan memiliki banyak koleksi mini games. Kira-kira itu adalah kesan sekilas yang tepat untuk menggambarkan sifat dari netbook ini. Jika berminat calon pembeli bisa menebus Acer Aspire One ini dengan harga Rp. 3,5 juta untuk OS Windows XP dan RP. 3,8 juta untuk OS Windows 7.


Kelebihan:
+ Banyak mini games
+ Tipis dan ringan

Kekurangan:
- Audio kasar

Choi

Sumber : Detikinet.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger