.
4shared.com - Free file sharing and storage

Senin, 01 Juni 2009

Jangan Remehkan Ponsel Merek Lokal!


Bandung - Jangan remehkan merek lokal. Mungkin itu yang ingin disampaikan oleh para vendor ponsel China merek lokal. Market share ponsel China merek lokal saat ini hampir 8 persen dari pasar ponsel nasional. Bahkan mereka (vendor ponsel cina merek lokal - red) optimistis bisa memperoleh pangsa pasar hingga 30 persen pada akhir tahun depan.

Herman Zhou, Presiden Direktur PT Zhou Internasional (pemegang merek Asiafone), mengaku percaya diri meraup ceruk pasar ponsel. Pasalnya, saat ini respon pasar sangat bagus, terutama pasar di luar Jawa.

"Jangan pernah meremehkan merek lokal. Market share penjualan ponsel secara nasional, merek lokal meraup pangsa 8 persen atau 2,7 juta unit. Ini data year on year 2007 ke 2008. Padahal, ponsel ini baru muncul 2007. Jadi tak heran jika target akhir tahun bisa mencapai 30 persen pasar nasional," katanya optimistis.

Target itu, imbuhnya, sangat realistis dicapai karena melihat respon pasar terutama dari luar Pulau Jawa yang terus memperlihatkan pertumbuhan penjualan sangat pesat. Dia menjelaskan dengan pangsa pasar 0,5 persen dari seluruh pabrikan, vendor ponsel itu mengklaim bisa menjual hingga 10 ribu unit ponsel dengan mayoritas berasal dari Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Dominasi merek mapan patah di pulau tersebut. Sebut saja Nokia dan Sony Ericsson yang selalu mendominasi pasar. Tapi kini penjualan dua besar dipimpin Nokia dan selanjutnya merek lokal," ungkapnya.

Asiafone sendiri mencatat bahwa dari total penjualan mereknya, hampir 95 persen di antaranya berasal dari luar pulau Jawa. Sementara di Pulau Jawa sendiri hanya dari Jakarta dan Surabaya yang bagus penjualannya. (Choi)

Sumber : Detiknet.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger