.
4shared.com - Free file sharing and storage

Kamis, 26 November 2009

Worm Berbahaya Mulai Serang iPhone


Jangan pernah mencoba melakukan jailbreak pada iPhone Anda. Mungkin itu pesan yang ingin disampaikan Apple pada para pengguna smartphone layar sentuh hasil besutan mereka tersebut. Baru-baru ini, F-Secure (perusahaan keamanan jaringan) menemukan adanya worm baru yang semuanya ditemukan pada iPhone hasil jailbreak. Jailbreak dapat mengijinkan pengguna iPhone dan iPod Touch untuk menjalankan sebuah kode unofficial untuk melakukan bypass pada mekanisme resmi Apple, yaitu melalui App Store. Saat berhasil melakukan jailbreak, para pengguna iPhone atau iPod Touch mampu me-download banyak aplikasi yang tidak tersedia di App Store.

Worm ini secara spesifik menyerang warga Belanda yang menggunakan iPhone yang telah di-jailbreak untuk melakukan Internet banking dengan bank ING. Para korban tersebut akan “dilempar” ke sebuah website palsu yang tampilannya mirip dengan tampilan online banking milik ING, lengkap dengan kotak log-in. Mirip dengan teknik Phising yang sedang marak-maraknya terjadi belakangan ini.

Selain memanfaatkan jailbreak, para penjahat cyber tersebut juga harus memanfaatkan program SSH yang diinstal oleh para pengguna iPhone tersebut. Secure Shell (SSH) adalah sebuah network protokol yang mengijinkan transfer data pada dua buah peralatan yang terhubung. SSH akan terinstall dengan password default, yaitu “alpine”. Nah, bagi para user yang tidak mengganti password tersebutlah yang benar-benar dalam bahaya. Jadi, bagi Anda yang belum mengganti password SSH, ubah saat ini juga.

Worm yang menimpa iPhone ini adalah masalah keamanan kedua yang dihadapi oleh Apple. Apabila pada serangan pertama hanya bersifat “iseng” dari si pembuatnya, worm kedua ini bersifat lebih berbahaya karena berusaha mengambil data penggunanya.

(Choi)

Sumber : Chip.co.id

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger