.
4shared.com - Free file sharing and storage

Senin, 18 Mei 2009

D4=S1 Jawara Kontes Robot Regional IV


SURABAYA - Kontes Robot Indonesia (KRI) seleksi Regional IV yang diselenggarakan di Graha Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) akhirnya dimenangkan oleh tim D4=S1 dari Politeknik Negeri Surabaya (PENS) ITS.

Pada final yang diselenggarakan Minggu (17/5/2009) tim D4=S1 berhadapan dengan tim Bolokulowo yang berasal dari ITS juga. Sedangkan di posisi ketiga, juara diraih oleh tim GheN LabE dari Universitas Bhayangkara Surabaya yang berhasil mengalahkan tim dari Univeritas Negeri Surabaya.

Mohammad Hisyam salah satu anggota tim inti D4=SI menyatakan timnya sudah sejak enam bulan yang lalu mempersiapkan robotnya untuk mengikuti seleksi regional ini.

"Tim kami totalnya ada enam orang. Tiga orang bertindak sebagai operator pada saat pertandingan dan tiga orang lainnya bertangunggjawab menangani preparation, hardware dan mekanik," kata Hisyam.

Sementara itu, di ajang Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) yang terbagi dalam beberapa divisi, PENS ITS Surabaya tetap mendominasi. Pada divisi Expert Battle, G.A AssAssin dari ITS berhasil menaklukkan Ghen GR dari PENS ITS. Untuk urutan ketiga diraih Bandrex's dari Universitas Muhammadiyah Jember sedangkan untuk divisi Expert Single, Al-Adiyat dari PENS menjadi pemenang tunggal.

Untuk Divisi beroda, PENS juga masih menempati peringkat pertama dengan robotnya yang bernama KoM-PENS. Peringkat runner up ditempati oleh J_Land dari Universitas Bhayangkara Surabaya. sedangkan peringkat ketiga diisi oleh NAN-Bi dari Politeknik Katolik Saint Paul Sorong.

Berbeda dengan KRCI divisi Beroda, untuk divisi berkaki Turtle menjadi juara tunggal. Selain itu, robot cerdas asal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tersebut juga memperoleh penghargaan Teknologi Informatika terbaik dari Menteri Komunikasi dan Informasi.

Seleksi Regional IV KRI 2009 diikuti sebanyak 22 tim, sedangkan untuk KRCI diikuti 55 tim. Kontes yang digelar sejak 16-17 Mei bertujuan untuk merebut tiket kontes robot ajang nasional. Nantinya juara 1-3 KRI dan KRCI regional IV bertarung berhak mewakili regional IV di ajang nasional yang akan berlangsung di UGM Jogjakarta, Juni mendatang.

Juara KRI nasional nantinya mewakili Indonesia di ajang internasional ABU Robocon 2009 di Tokyo, Jepang pada 22 Agustus mendatang. (Choi)

Sumber : Okezone.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger