.
4shared.com - Free file sharing and storage

Jumat, 10 Juli 2009

Symbian Open Source Mulai Meng-invasi


HELSINSKI - Symbian Foundation mulai serius untuk menapaki sistem operasi Symbian yang berbasis open source. Hal tersebut semakin diseriusi, setelah mereka merilis OS tersebut dalam versi beta.

Seperti yang dikatakan Chief Executive Symbian Foundation David Wood, sistem operasi yang diberi nama Symbian^2 tersebut akan dirilis dalam versi finalnya, setelah enam bulan peluncuran pengujian beta. Dikatakan juga, Symbian^2 akan mulai dibenamkan di ponsel cerdas dan dilempar pasaran pada pertengahan 2010.

"Symbian^2 merupakan sistem operasi ponsel cerdas open source yang sangat menarik. Sebab, ini merupakan gabungan dari berbagai elemen sebelumnya seperti, Nokia Symbian S60, MOAP, dan UIQ,".

Proyek ini tentu menjadi batu pijakan pertama bagi Symbian Foundation dalam membebaskan kodenya ke khalayak umum. Sebab dalam perjalannya, Symbian ingin bebas digunakan oleh berbagai handset. Saat ini selain Nokia, organisasi non-profit ini juga memiliki anggota lain diantaranya, Samsung, LG, dan Vodafone.

Banyak yang menduga, kalau proyek ini sebagai langkah Nokia untuk menyaingi rivalnya yang semakin mengancam seperti, iPhone Apple dan Google Android. Kedua vendor itu memiliki banyak aplikasi, yang disumbangkan dari pihak ketiga. (Choi)

Sumber :okezone.com.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger