.
4shared.com - Free file sharing and storage

Rabu, 01 Juli 2009

Robot Tikus Bantu Selamatkan Nyawa Manusia


London - Para ilmuwan di Inggris membesut sebuah robot canggih yang wujud dan kemampuannya mirip tikus. Bukan sekadar untuk unjuk teknologi melainkan juga demi misi menyelamatkan nyawa manusia.

Pasalnya, robot tikus yang dinamakan Scratchbot ini diklaim mampu mencari korban bencana yang tersembunyi di antara reruntuhan bangunan. Hebatnya lagi, si robot tikus cukup menggunakan kumisnya untuk melacak korban.

Para ilmuwan di University of Bristol dan University of Sheffield telah menautkan sensor sentuh canggih di jajaran kumis Sractchboth. Layaknya tikus di dunia nyata, robot ini pun bisa menelusup di sela-sela gedung dengan lincah.

Teknologi Scratcbot memang terinspirasi dari tikus termasuk kemampuan sensor di kumis tersebut untuk mengenali lingkungan sekitar dan mengidentifikasi berbagai benda.

Dilansir Scotsman dan dikutip detikINET, Rabu (1/7/2009), butuh waktu enam tahun dan dana ratusan ribu Poundsterling untuk mendesain Sractchbot. Robot mungil ini pun diharapkan dapat mempermudah misi penyelamatan manusia kala muncul bencana. (Choi)

Sumber : Detikinet.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger