.
4shared.com - Free file sharing and storage

Jumat, 29 Mei 2009

'DTXTR', Penerjemah Bahasa Singkat Remaja


WASHINGTON - Banyak orangtua yang sulit memahami bahasa yang digunakan para remaja dalam teks pesan singkat yang dikirim anak remajanya. Kata-kata seperti OMG atau kepanjangan dari ?oh my god? mungkin masih mudah untuk dimengerti para orangtua, tapi bagaimana denga kata-kata singkat lainnya.

Vendor ponsel asal Korea Selatan, LG, mencoba untuk membantu orangtua untuk menerjemahkan bahasa-bahasa gaul remaja dengan meluncurkan situs penerjemah DTXTR (Dee Text-Er). Di situs penerjemah yang beralamat di lgdtxtr.com itu para orangtua cukup memasukkan kata-kata singkatan dan menerjemahkannya dengan mudah.

Kini orangtua dapat mengerti kata-kata singkat seperti 1dering (wondering), atau 2G2BT (too good to be true) dengan mudah atau mungkin LoL (Laughing of Loud atau Lots of Love). Tapi sayang, situs tersebut baru tersedia dalam Bahasa Inggris.

Langkah LG itu dilakukan seiring dengan penetrasi ponsel di kalangan remaja yang meningkat. Berdasarkan survei, empat dari lima remaja diketahui membawa ponsel.

Sejalan dengan penetrasi ponsel, pengiriman bahasa-bahasa singkatan pada pesan pendek telah menjadi tren di kalangan remaja. Bahkan, 42 persen remaja diketahui mampu mengetik pesan singkat sambil menutup mata.

LG dalam situs tersebut menyatakan akan berkomitmen untuk membantu orangtua untuk mengerti tentang bahasa anak pada pesan singkat. (Choi)

Sumber : Okezone.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger