.
4shared.com - Free file sharing and storage

Sabtu, 05 Desember 2009

iPhone Menjelma Jadi Alat Musik


Jakarta - Pernahkah Anda membayangkan memainkan instrumen musik dengan smartphone kesayangan? Para mahasiswa di sebuah Universitas di Amerika 'menyulap' iPhone menjadi sebuah alat musik. Sebuah pertunjukan musik yang melibatkan iPhone pun bakal digelar 9 Desember mendatang.

Gagasan menjadikan iPhone sebagai alat untuk memainkan instrumen musik ini dicetuskan oleh Georg Essl, seorang ahli komputer dan musisi. Essl mengajar kursus bagi para mahasiswa di Universty of Michigan.

Kursus musik 'unik' ini dinamakan Building a Mobile Phone Ensemble'. Diyakini, ini merupakan yang pertama kali di dunia, di mana iPhone menjadi sebuah alat untuk memainkan instrumen musik.

Dalam kursus ini, para mahasiswa belajar cara merancang, mengembangkan dan memainkan instrumen-instrumen musik dengan iPhone.

Semuanya ini bermula saat beberapa tahun lalu, Essl dan koleganya menggunakan mikrofon sebagai sensor angin, sebuah cara yang memungkinkan aplikasi iPhone macam Ocarina, 'menyulap' iPhone menjadi sebuah instrumen seperti flute.

"Ponsel adalah platform yang bagus untuk mengeksplorasi bentuk baru pertunjukan musik."

"Kita tidak perlu terpaku pada instrumen musik tradisional. Kita dapat melakukan sesuatu yang memukau, unik dan tidak biasa. Teknologi ini masih baru tapi terbuka peluang untuk menggunakan iPhone sebagai ekspresi artistik," tambah Essl.

"Touch-screen, mikrofon, GPS, kompas, sensor wireless, dan akselerometer bertransformasi, jadi ketika Anda mengeluskan jari di sepanjang display-nya, coba tiuplah udara ke dalam mikrofon, miringkan atau guncangkan ponsel, dan sebagainya untuk mendapatkan suara yang berbeda," tandas Essl.

Choi

SUmber : Detikinet.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger