.
4shared.com - Free file sharing and storage

Kamis, 16 Juli 2009

Netbook Mulai Menggeser Pengapalan PC


SEATTLE - Pengapalan PC di seluruh dunia diprediksi menurun hingga 3 persen. Hal ini dikarenakan maraknya kemunculan netbook yang dibandrol dengan harga murah.

Dua perusahaan riset berhasil memprediksi penurunan yang terjadi pada kuartal pertama tahun 2009. Meski hasilnya tidak berbeda jauh namun tidak sama dengan prediksi analis pasar PC. Misalnya saja IDC, riset yang dilakukannya menunjukkan pengapalan PC dunia mengalami penurunan 3 persen. Sedangkan riset Gartner memprediksi penurunan mencapai 5 persen. Kedua prediksi ini sangat melenceng jauh dari hasil prediksi analis pasar yang memperkirakan penurunan PC tahun ini mencapai 10 persen.

"Pengapalan di Amerika dan Asia ternyata tidak mengalami penurunan yang signifikan. Namun jika menelisik pasar PC di Eropa, Afrika dan Timur Tengah, pengapalan PC memang mengalami penurunan," ujar Mikako Kitagawa dari riset Gartner.

Di pasar PC, posisi HP masih menguasai sekira 20 persen market share. Hal ini menjadikan HP sebagai vendor PC dengan penguasaan terbesar di bawah Dell. Dell sendiri masih menduduki posisi nomor dua sebagai vendor PC dengan penguasaan pangsa pasar sekira 14 persen. Acer, Lenovo dan Toshiba, masing-masing menduduki posisi 3,4 dan 5.

Lalu bagaimana nasib Apple? Analis dari Gartner rupanya sangat pesimis Apple mampu menguasai pasar PC dan laptop. Pasalnya hingga saat ini Apple tidak mengikuti tren pasar dan masih fokus mengurusi laptop dengan harga yang jauh lebih mahal.

"Masyarakat sekarang sedang fokus di notebook dengan harga sekira USD600 atau USD700. Namun apa yang dilakukan Apple? Notebook termurahnya dibandrol dengan harga USD999," ujar Bob O' Donnell dari riset IDC (choi)

Sumber : Okezone.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger