.
4shared.com - Free file sharing and storage

Minggu, 28 Juni 2009

Telkom Sebar Telepon Umum Kartu


JAKARTA - Setelah mengembangkan sarana telepon umum koin, Telkom menambah sarana telepon umum dengan 'Telepon Umum Kartu SOBAT'.

Telepun umum kartu (TUK) ini merupakan terminal telepon umum dengan menggunakan akses fixed wireless CDMA 2000 1x Telkom Flexi serta menggunakan kartu chip khusus sebagai alat akses dan dapat di isi ulang.

Melalui TUK SOBAT, masyarakat bisa melakukan komunikasi lokal, SLJJ maupun ke telepon seluler. Saat ini Lokasi pemasangannya tersebar di beberapa wilayah, seperti Plasa Telkom, sekolah, terminal umum, rumah sakit, apotek, mall, pasar swalayan, pasar tradisional, hotel, daerah permukiman serta lokasi-lokasi strategis lainnya.

"TUK SOBAT diposisikan sebagai public utility, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas agar mudah melakukan komunikasi. Terminal TUK SOBAT telah dipasang sejumlah 2.452 unit dari yang direncanakan sebanyak 3.127 unit pada semester I tahun 2009,".

Saat ini di seluruh Indonesia, Telkom telah menggelar sekitar 39.927 Telepon Umum. Coin (Wireline) dan 2.452 Telepon Umum Kartu (Wireless) atau total sekitar 42.379 telepon umum. Jumlah tersebut sama dengan sekitar 0,42 persen dari jumlah telepon kabel yang jumlahnya mencapai 8,7 juta SST.

Terkait keberadaan telepon umum koin, Eddy Kurnia mengatakan, fasilitas tersebut tetap akan dipertahankan, kendati saat ini frekuensi penggunaannya oleh masyarakat sudah jauh menurun.

Diakui Eddy Kurnia, rasio tersebut masih di bawah dari yang disyaratkan pemerintah tentang kewajiban penyelanggara jasa telepon tetap untuk menyediakan fasilitas telepon umum.
"Pada pinsipnya Telkom berusaha memenuhi kewajiban tersebut mengingat penyediaan telepon publik merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Telkom untuk menyediakan akses telekomunikasi yang mudah dan murah," tegasnya.

Menurut Eddy Kurnia, Telkom sangat serius menggarap layanan telepon umum, selain potensi pasarnya cukup besar, telepon umum juga sangat dibutuhkan masyarakat.

Kartu Sobat dapat dibeli di Plasa Telkom dan lokasi sekitar TUK SOBAT. Harga perdana Kartu SOBAT adalah Rp15.000 dengan isi pulsa senilai Rp10.000, masa aktif 90 hari dan masa tenggang 30 hari.

Untuk isi ulang dapat membeli voucher Flexi Trendy (bukan elektronik) yang sudah ada di pasaran dengan denominasi mulai Rp5000, voucher dapat di beli di Plasa Telkom atau counter-counter pulsa terdekat. Cara pengisian pulsa sama dengan pengisian pulsa Flexi yang petunjuk pengisiannya ada di setiap kartu voucher Flexi. (Choi)

Sumber : Okezone.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger