.
4shared.com - Free file sharing and storage

Senin, 25 Mei 2009

Dengan PC Jadul, Tampilan Windows 7 Tetap Oke


Jakarta - Meskipun belum mencapai versi finalnya, Microsoft telah memberikan kesempatan kepada para konsumennya untuk mencoba gratis Windows 7 RC selama sekitar 1 tahun. Setelah versi beta yang terakhir (build 7000) kini hadir versi lanjutannya yakni RC (Release Candidate) atau build 7100.

Sebelumnya pada versi beta, pengguna diberi kesempatan untuk mengenal fitur-fitur baru pada Windows 7. Kini RC 1 hadir dengan penyempurnaan dari fitur-fitur tersebut.

Windows 7 RC yang dijajal oleh detikINET adalah versi 32bit (x86) dengan spesifikasi komputer yang terbilang ‘jadul’ : AMD Athlon 64 Processor 3000+ 2.00Ghz, RAM sebesar 1 GB dan kapasitas hard drive 80 GB. Untuk GPU, detikINET pun hanya memakai NVIDIA GeForce 6100 (memory 128 MB). Dari spesikasi tersebut diperoleh Windows Experience Index sebanyak 2,1.

Menyadari bahwa spesifikasi yang digunakan untuk menguji WIndows 7 RC ini memang tergolong low end, detikINET cukup terkejut ketika tampilan Windows 7 yang muncul sudah cukup cantik. Tentunya, pembaca detikINET dapat merasakan performa Windows 7 RC yang lebih baik dengan spesifikasi di atas yang digunakan dalam review ini.

1. Proses Instalasi
Seperti Vista dan Windows 7 beta sebelumnya, RC menggunakan sistem instalasi ‘image-based’ yang meringankan kinerja DVD dalam proses instalasi. Hasilnya proses instalasi selesai dalam waktu sekitar 25 menit. Bandingkan dengan XP yang memakan waktu sekitar 30-45 menit.

Tidak ada perbedaan signifikan, jika dibanding dengan Windows 7 beta. Perbedaannya hanyalah pada tampilan gambar instalasi yang nampak lebih lembut dan ‘anggun’ dari versi sebelumnya yang terkesan ‘terang-benderang’.

Sama seperti bersi beta, jika sebelumnya Anda menggunakan XP atau Vista, maka file-file yang terdapat pada sistem lama akan dijadikan sebuah folder baru yang bernama ‘Windows Old’ saat instalasi Windows 7 telah selesai. Tampilan instalasi selanjutnya tidak banyak yang berubah, masih sama seperti versi sebelumnya.

Dalam proses instalasi tersebut Windows 7 RC akan meminta Anda untuk memasukkan kode aktivasi. detikINET menemukan bahwa kode tersebut sama dengan kode pada versi sebelumnya yakni build 7000. Jika pengguna tidak memasukkan kode aktivasi tersebut, maka Windows 7 RC ini akan non-aktif setelah 30 hari.

Setelah memakan waktu sekitar 25 menit, akhirnya proses instalasi selesai juga. Proses ini lebih cepat daripada Windows XP atau Vista yang memakan waktu sekitar 30-45 menit dengan spesifikasi komputer yang sama.

Screenshoot setelah proses instalasi selesai:
Keindahan Efek 3D Flip pun masih dapat dijalankan dengan menekan (Windows+Tab)

Tampilan Superbar serta gadget yang terpisah-pisah seakan menambah daya pikat Windows 7 RC ini.

2. Tampilan
Berikut ini adalah beberapa tampilan pada Windows 7 RC. Beberapa icon yang ada pada versi sebelumnya telah hilang dan beberapa tampilan lama masih tetap dipertahankan.

Label telah berganti nama menjadi ‘Evaluation Copy’. Dengan perubahan label ini ini seolah-olah makin memantapkan Microsoft untuk menyempurnakan Windows 7 versi final.

Hilangnya ‘Send Fadeback’.

Tombol ’start menu’ lebih menyala. Sebelumnya logo Windows hanya menyala di bagian pinggirnya saja. Namun kini logo Windows di bagian tengah turut menyala, seakan telah menandakan kesiapan Microsoft untuk meluncurkan Windows 7 versi final.

Superbar, 3D Flip, Efek Aero Glass, dan Gadget masih sama.

Sama seperti versi sebelumnya, tampilan baru yang berbeda dengan Vista seperti Superbar dan 3D Flip masih merupakan salah satu kelebih OS terbaru Windows ini. Selain itu masih terdapat efek Aero Glass, seperti Aero Shake dan Aero Peek yang indah. Untuk masalah gadget masih sama seperti sebelumnya, bisa dipisah-pisahkan namu tidak ada tambahan gadget baru.
Superbar, memudahkan kita dalam browsing dan bekerja 3D Flip, tampilan windows secara 3D yang sangat indah. Terasa ringan bahkan untuk RAM sebesar 512 MB.

Gadget, Sama seperti versi sebelumnya, semua gadget bisa dipisahkan. Sayang tidak ada aplikasi gadget yang baru.

Desktop background dan Picture Account telah bertambah.
(Choi)

Sumber : Okezone.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger