.
4shared.com - Free file sharing and storage

Jumat, 15 Mei 2009

CSoHSPA, Tingkatkan Kapasitas 3G Hingga 100%


JAKARTA - Operator Finlandia Elisa dan Nokia Siemens Networks sukses mendemonstrasikan sebuah teknologi baru yang memungkinkan operator menyederhanakan dan meningkatkan kapasitas layanan suara (voice) dalam jaringan 3G hingga 100 persen secara sederhana dan hemat biaya. Uji coba panggilan telah dilakukan dalam jaringan 3G Elisa dengan menggunakan peranti uji coba R&D dari Nokia. Dalam istilah teknik, demonstasi ini merupakan panggilan circuit switch dalam jaringan high speed packet access (Circuit switched call over high speed packet access network atau CSoHSPA) pertama di dunia.

Sistem-sistem mobile seperti GSM didesain untuk membawa panggilan suara melalui saluran khusus suara. Hal ini dikenal circuit switching (CS). Fitur CS over HSPA membawa panggilan suara melalui saluran transpor HSPA yang berbasis paket.

Meskipun pengguna layanan mobile tidak melihat adanya perbedaan di dalam layanan suara mereka, teknik CSoHSPA yang didukung oleh fitur Continuous Packet Connectivity (CPC) dari 3GPP Release 7 memerlukan tenaga baterai yang jauh lebih sedikit, sehingga bisa menaikan waktu bicara hingga 50 persen. Efisiensi dari teknik ini juga berarti waktu set up panggilan dapat dikurangi menjadi setengahnya dan operator dapat meraih keuntungan berupa kapasitas suara per carrier yang lebih tinggi. Hal ini membuat konsumen dan operator akan lebih senang menggunakan 3G sebagai jaringan panggilan suara. Agar teknik ini dapat bekerja dalam jaringan 3G saat ini, tidak diperlukan perubahan-perubahan dalam jaringan inti dan hanya diperlukan upgrade software sederhana dalam jaringan akses radio.

"Dalam bidang komunikasi mobile digital, Elisa telah menjadi pelopor baik di Finlandia maupun secara internasional. Jaringan 3G cepat dari Elisa merupakan yang terbaik dalam hal cakupan, jangkauan, dan kualitas di Finlandia, sehingga sempurna sekali untuk mendemonstrasikan teknologi-teknologi baru. Bagi para pelanggan kami, CS over HSPA memungkinkan dihasilkannya kualitas yang lebih baik karena teknologi ini meningkatkan waktu bicara (talk time) dan juga merupakan cara yang hemat biaya untuk meningkatkan jaringan kami," ujar Timo Sippola, Technology Manager Elisa.

Demonstrasi ini menggambarkan fokus Nokia dan Nokia Siemens Networks pada fitur-fitur yang bermanfaat baik bagi operator maupun konsumen melalui penyediaan solusi yang lengkap.

"Fitur-fitur HSPA+ merupakan langkah maju yang luar biasa dan diperlukan oleh HSPA saat ini dalam menyongsong LTE. Demonstrasi CSoHSPA ini menunjukkan salah satu cara untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan membuat 3G lebih menarik bagi konsumen. Pada saat yang sama, operator perlu memastikan bahwa mereka dapat memaksimalkan investasi dalam jaringan circuit switch mereka, serta meraih manfaat dari evolusi HSPA," ujar Keith Sutton, Head of the WCDMA/HSPA business, Nokia Siemens Networks, melalui keterangan resminya, Kamis (14/5/2009).

Fitur CSoHSPA yang distandarisasi dalam 3GPP Release 7, adalah bagian dari evolusi HSPA, atau HSPA+. Nokia Siemens Networks adalah pemimpin dalam memajukan HSPA+. Selain tonggak bersejarah ini, Nokia Siemens Networks telah mendemonstrasikan kecepatan puncak HSPA+ sebesar 21Mbps dan mempelopori penyederhanaan jaringan dengan arsitektur flat I-HSPA (internet HSPA) untuk meningkatkan efisiensi jaringan secara keseluruhan untuk memenuhi kebutuhan data trafik yang meningkat pesat.

Elisa Corporation adalah penyedia layanan komunikasi Nordic terkemuka dan perusahaan publik yang masuk dalam daftar Eurotop-500, dengan kegiatan operasional di negara-negara Nordic, Baltik dan Rusia. Kami melayani sekitar 2 juta pelanggan di tingkat regional dan sekitar 15.000 perusahaan di tingkat internasional, dengan menawarkan bermacam-macam langganan layanan.

Elisa memberikan pengalaman kepada pengguna dan meningkatkan produktivitas berbagai organisasi secara online. Elisa memfokuskan pada pengembangan layanan ICT konsumen dan perusahaan dan layanan online. Pendapatan kami pada 2008 adalah sebesar EUR 1,49 milyar dan kami mempekerjakan sekitar 2.900 karyawan. Mitra aliansi global Elisa adalah Vodafone and Telenor. (Choi)

Sumber : Okezone.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger