.
4shared.com - Free file sharing and storage

Rabu, 04 November 2009

Ilmuwan Manfaatkan Google Earth Petakan Batas Sungai


LONDON - Para ilmuwan memanfaatkan layanan Google Earth untuk memetakan ribuan mil batas sungai yang terlupakan dari rekaman data internasional.

Hasil dari pemetaan itu kemudian dikumpulkan dalam sebuah database besar. Database ini nantinya bisa juga digunakan untuk membantu mengatasi sengketa batas internasional.

Dengan bantuan Google Earth, tim ilmuwan dari Durham University membuat sesuatu yang dinamakan International Boundaries Research Unit International River Boundaries Database (IRBD). Hasilnya, mereka telah menemukan sekira tujuh persen batas sungai-sungai di dunia yang hilang.

Meski informasinya belum terlalu banyak, namun saat ini IRBD menjadi kumpulan informasi paling komprehensif dalam memuat batasan dan definisi wilayah sungai di seluruh dunia.

"Pemetaan ini sangat membantu dalam menentukan batas sungai. Terutama jika batasan tersebut berpindah atau bergeser atau ketika muncul saluran baru," kata John Donaldson, dari Durham University.

Dalam membuat pemetaan sungai, tim pencipta IRBD menggunakan pemetaan skala besar untuk mengumpulkan informasi panjang batasan sungai yang penting.

Satelit pencitraan Google Earth menyediakan gambar yang lebih realitis bagaimana sungai muncul ke permukaan. Sehingga panjang batasan sungai yang sebenarnya dapat dikur dengan lebih akurat. (Choi)

Sumber : Okezone.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger