.
4shared.com - Free file sharing and storage

Senin, 26 Oktober 2009

Pakai Software, Rekor Bikin Situs Terbanyak Pecah


Jakarta - Sebanyak 100 situs berhasil dibuat dalam waktu kurang dari 30 menit oleh 100 orang. Hasil tersebut dicatat oleh MURI untuk kategori pembuatan website terbanyak dalam waktu tercepat.

Sebanyak 100 orang siswa dan siswi dari SMK 14 Kota Bandung menunjukan kebolehannya membuat dan mendesain situs dengan aplikasi Web4instan buatan tim Flexter.

"Ini (pemecahan rekor - red) beranjak dari kebutuhan industri yang ingin buat website dengan mudah dan murah serta tidak melibatkan pihak ketiga atau bisa dibuat sendiri," ujar Hendrayana dari Flexter menjelaskan maksud acara tersebut.

Tak hanya terbanyak, MURI juga mencatat rekor pembuatan web tercepat yakni 4 menit 30 detik. Nurul Rochmanisah Rosadi, siswi kelas 3 Seni Rupa ini berhasil membuat situs www.bayibutik.net dalam waktu singkat.

"Mudah saja. Tinggal ikuti langkah-langkahnya. Ada 5 langkah," kata Nurul menjelaskan kecepatannya dalam membuat situs. Sedangkan situs bayibutik sendiri
merupakan pesanan dari member Flexter.

Di tempat yang sama, Sutikno Susilo, Direktur MURI mengaku bahwa untuk rekor pembuatan website tercepat dan terbanyak belum pernah ada sebelumnya. Dan acara tersebut menurutnya layak mendapatkan penghargaan dan dicatat dalam MURI. Walaupun sejatinya, para peserta hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah ada.

"Layak sekali. Selama ini pembuatan website selalu butuh waktu. Tapi saat ini dibuktikan bahwa dengan cepat sebuah website bisa dibuat. Walaupun memang menggunakan software, tapi untuk kuantiti ini adalah rekor," ujarnya terkagum-kagum.

web4instan sendiri adalah satu aplikasi full integrasi yang memiliki 6 engine serta familiar dengan google engine. "Ada 6 engine, 4 diantaranya adalah buatan kami sendiri. Sedangkan 2 lainnya adalah Joomla dan Wordpress. Dua engine yang cukup familiar dan banyak dipergunakan oleh web developmen," ungkapnya.

Keempat engine buatan sendiri tersebut adalah C2MS (custom content management system) Chart yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi toko online, C2MS Light bisa digunakan untuk membuat korporat web, C2MS Liquid untuk mendesain web dengan ragam animasi atau flash, serta yang terakhir adalah C2MS Flexlight yang khusus didesain untuk memenuhi kebutuhan member Flexter untuk melakukan transaksi ataupun untuk merekrut member Flexter melalui website.

Ditanya mengenai harga jual aplikasi tersebut, Hendrayana mengaku tidak menjual secara umum di luar member Flexter. Namun dengan membeli aplikasi tersebut maka secara otomatis akan terdaftar sebagai member.

"Untuk personal member itu seharga Rp 550 ribu. Sedangkan untuk korporat member itu ada yang Rp 1,1 juta dan Rp 2 juta," katanya.

Saat ini sudah ada 2.000 situs yang dibuat dengan menggunakan aplikasi yang dibangun sejak 2 tahun silam. "Web4instan dibuat untuk simple. Menggunakan CMS standar untuk belajar sendiri," katanya berpromosi. (Choi)

Sumber : Detikinet.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger