.
4shared.com - Free file sharing and storage

Senin, 26 Oktober 2009

Indonesia Berguru Open Source dari Brasil


Jakarta - Brasil tak hanya mahir dalam bermain sepakbola. Implementasi Open Source di lembaga pemerintah juga sukses dijalankan Negeri Samba ini.

Hal itulah yang membuat pemerintah Indonesia kepincut dan ingin berguru kepada Brasil soal penerapan Open Source di institusi pemerintahan.

Dikatakan Lolly Amalia, Direktur Sistem Informasi Ditjen Aptel Depkominfo, Brasil terbilang sukses dalam mengimplementasi dan memberikan contoh konkret kelebihan dari Open Source.

"GDP mereka terbukti naik setelah pakai Open Source. Makanya kita undang mereka (praktisi Open Source Brasil-red.) ke acara ini (Global Conference on Open Source-red.). Biar mereka bisa sharing ilmu dan pengalaman."

Tak hanya praktisi Open Source dari Brasil saja yang tampil di acara GCOS ini. Namun juga Duta Besar Brasil untuk Indonesia ikut sharing ilmu ke sekitar 500 peserta yang hadir.

Indonesia sendiri, berdasarkan surat edaran dari Kementerian Pendayaan Aparatur Negara pada Maret lalu, mewajibkan seluruh lembaga pemerintah sudah harus mengadopsi software Open Source di akhir 2011 nanti.

Alhasil, sejumlah departemen dan pemerintah daerah pun dilaporkan sudah mengambil ancang-ancang untuk bermigrasi dari aplikasi proprietary.

"Ini harus tuntas di akhir 2011," tegas Menkominfo Tifatul Sembiring, di tempat yang sama. (Choi)

Sumber : Detikinet.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger