.
4shared.com - Free file sharing and storage

Senin, 26 Oktober 2009

Pakai Open Source, Ristek Hemat 60% Anggaran TI


Jakarta - Salah satu keunggulan dari Open Source adalah mampu memberikan penghematan. Kementerian Negara Riset dan Teknologi misalnya, mampu berhemat hingga 60 persen anggaran TI lantaran menggunakan aplikasi bersistem terbuka itu.

"Penghematan yang bisa diambil dari Open Source itu diperkirakan sekitar 40 persen, tapi Ristek bisa hemat sampai 60 persen," tukasnya kepada beberapa wartawan, tanpa menjelaskan angka rincinya.

Atas dasar ini pula, lembaga pemerintah lain -- baik di pusat atau di daerah -- diharapkan dapat mengikuti jejak serupa. Terlebih pada akhir 2011, seluruh lembaga pemerintah sudah harus bermigrasi dari aplikasi proprietary.

"Terakhir itu sudah lebih dari 100 Pemda yang sudah bertanya ke kita (Ristek-red.) dan Kominfo seputar Open Source. Mulai dari ingin tahu proses migrasi sampai soal anggaran," ujar Kemal.

Sementara itu, Ditjen Aplikasi dan Telematika Depkominfo Ashwin Sasongko mengibaratkan, Open Source itu seperti air mineral. "Mengambilnya gratis dari pegunungan, tapi distribusi dan pengemasannya bayar," ujarnya di tempat yang sama.

Begitu pula Open Source, installnya gratis namun pelatihan dan maintenance-nya kena biaya. Jadi tidak sepenuhnya gratis, tandasnya. (Choi)

Sumber : Detikinet.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger