.
4shared.com - Free file sharing and storage

Jumat, 07 Agustus 2009

Ancaman Cyber Makin Ganas, Antivirus Gratis Tak Cukup Lagi


Jakarta - Selama tahun 2008, Symantec membuat lebih dari 1,6 juta signature untuk mendeteksi malware. Jumlah ini sama dengan sekitar 60 persen dari seluruh signature yang pernah dibuat Symantec.

Angka itu menunjukkan betapa banyaknya ancaman malware yang bertebaran di dunia cyber. Berkat signature itu, 245 juta lebih ancaman behasil diatasi oleh Symantec sepanjang 2008.

Bukan hanya malware yang tumbuh pesat, ancaman cyber yang lebih terfokus pun nampak makin banyak. Sebanyak 90 persen dari semua ancaman yang diselidiki Symantec pada periode penelitian merupakan upaya mencuri data-data sensitif.

Penjahat cyber saat ini meraup untung dengan membuat dan menyebarkan ancaman yang khusus dibuat untuk mencuri informasi sensitif, terutama rekening perbankan dan kartu kredit. Di saat ekonomi dunia menderita, ekonomi bawah tanah justru tetap makmur.

Antivirus Gratisan Tak Cukup Lagi

Pengguna komputer membutuhkan perlindungan yang menyeluruh terhadap ancaman yang makin ganas ini. Bukan hanya melindungi terhadap virus dan spyware, tapi mampu menghindari serangan sebelum terjadi.

Antivirus belaka tak cukup lagi. Pengguna membutuhkan firewall dua arah, enkripsi password dan update yang rutin. Tentu saja, praktek berinternet yang sehat dan kemampuan teknis pengguna akan berpengaruh juga.

Solusi satu titik seperti freeware tidak lagi cukup untuk melindungi pengguna. Ini ibaratnya menutup pintu depan rumah dan berharap tidak ada orang yang masuk.

Solusi yang lengkap adalah yang mampu mengunci pintu, semua pintu yang ada di rumah, dan juga jendela. Bahkan memiliki sensor gerak sehingga mampu mendeteksi ancaman yang datang. Semua data, foto, dokumen, musik dan lainnya yang ada di dalam sistem akan terjamin keamanannya.

Keunggulan dari keamanan berbasis langganan adalah pengguna akan memiliki satu produk yang mudah digunakan dan diatur yang mencakup semua perlindungan yang dibutuhkan. Dan bagian dari langganan itu adalah dukungan langsung dari vendor, satu hal yang tak bisa ditawarkan program gratisan.

Program antivirus gratis kerap memberikan perlindungan yang bolong-bolong, bahkan kadang pemindaian dan update harus dilakukan manual. Lebih dari itu, solusi gratisan biasanya hanya mengandalkan signature dan bukan analisa heuristik, tidak mencakup manajemen password, prelindungan phishing, firewall, intrusion prevention dan perlindungan browser.

Symantec memiliki satu solusi all-in-one bernama Norton 360, yang akan melindungi PC dan semua aktivitas online penggunanya. Versi terbaru dari Norton 360 mengandung keamanan dan peningkatan performa.

Dengan demikian Norton 360 bisa memberikan perlindungan pada PC sekaligus menjaga agar PC berjalan baik, serta menjamin adanya backup. Norton 360 juga memperluas perlindungannya dengan layanan rating situs Norton Safe Web. (Choi)

Sumber : Detikinet.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger