.
4shared.com - Free file sharing and storage

Rabu, 19 Agustus 2009

2010, Internet Jangkau Seluruh Desa Indonesia


JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menargetkan koneksi internet dan sambungan telepon sudah menjangkau seluruh desa di Indonesia pada tahun 2010.

"Khusus untuk telekomunikasi seluruh desa dan kecamatan diharapkan pada tahun 2010 telah terhubung dengan infrastruktur informatika."

Target di atas berlandaskan pada sejumlah prasyarat yang harus dipenuhi guna menjamin keberhasilan paradigma pembangunan untuk semua. Di antaranya perbaikan dan pembangunan infrastruktur mendasar. Seperti jalan raya, irigasi, pelabuhan laut, pelabuhan udara, penyediaan air bersih, telekomunikasi, serta infrastruktur energi dan kelistrikan.

Upaya pemerintah untuk mewujudkan program internet masuk desa, pemerintah telah mengupayakannya lewat berbagai program di antaranya Universal Service Obligation (USO) baik untuk telepon maupun internet dan Palapa Ring.

Telkomsel sebagai pemenang tender USO telepon akan menyediakan akses telekomunikasi di 24.056 desa terpencil. Tapi, upaya untuk melaksanakan program penyediaan akses telekomunikasi termasuk jaringan internet di dalamnya, justru mendapat banyak tantangan dari pemerintah-pemerintah daerah.

"Banyak pemda yang menolak dengan alasan perizinan. Saya tidak bisa sebut pemda mana, yang jelas pemda di luar Jawa," ujar Dirut Telkomsel, Sarwoto Atmosutarno beberapa waktu lalu.

Komitmen untuk menyediakan internet juga pernah dilontarkan Dirjen Postel Depkominfo Basuki Yusuf Iskandar yang berjanji untuk menenderkan USO untuk internet setelah USO untuk akses telepon selesai. Akhir tahun nanti rencananya pemerintah juga akan menenderkan USO untuk internet agar 4500 ibu kota kecamatan di seluruh Indonesia mendapatkan akses internet. (Choi)

Sumber : Okezone.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger