.
4shared.com - Free file sharing and storage

Sabtu, 30 Mei 2009

Wikipedia Hapus Artikel Gereja Scientology


WASHINGTON - Wikipedia secara resmi menghapus artikelnya mengenai komunitas jemaat Gereja Scientology di situs ensiklopedia bebas. Penghapusan ini menjadi kasus pertama yang dilakukan oleh Wikipedia.

Pengelola situs tersebut menilai, kalau artikel itu telah dibuat dan diedit sendiri oleh komunitas yang tergolong kontroversial itu. Dalam tulisan-tulisannya telihat kalau, komunitas Gereja Scientology membiaskan informasi yang ada, agar para pembaca tertarik untuk masuk ke dalam komunitas ini.

Pemaksaan secara tersembunyi ini oleh Wikipedia, seperti yang dilaporkan The Inquirer, Sabtu (30/5/2009), tentu saja dianggap salah situs itu. Pasalnya, mereka tetap ingin agar Wikipedia dianggap sebagai situs yang netral tanpa memihak salah satu pihak.

Sebelumnya, Wikipedia telah menyaring artikel tentang komunitas Gereja Scientology agar lebih terlihat dari sudut yang netral. Namun entah mengapa, artikel itu lambat laun malah lebih mirip menjadi ajang promosi bagi komunitas ini.

Saat dimintai konfirmasi mengenai kebenaran adanya dugaan anggota komunitas tersebut yang mengubah artikel terkait, dengan tegas juru bicara dari komunitas Gereja Scientology tegas menolak tuduhan itu. Mereka menyatakan tidak ada anggotanya yang melakukan hal tersebut.

Komunitas Gereja Scientology sendiri dianggap kontroversial, karena ajarannya yang memaksa kepada anggotanya untuk membayar sejumlah uang, sebagai bagian dari ritual. Meski sempat dibantah, dibeberapa negara, ajaran ini dianggap sebagai ajaran agama baru, bukan bagian dari agama tertentu. (Choi)

Sumber : Okezone.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger