.
4shared.com - Free file sharing and storage

Rabu, 28 Oktober 2009

2 Bulan, Firefox Gaet 30 Juta Pengguna


SAN FRANSISCO - Persaingan web browser semakin ketat. Dominasi Internet Explorer (IE) milik Microsoft sedikit demi sedikit mulai tergeser oleh browser lainnya. Salah satu browser yang optimis akan menggerus IE adalah Firefox.

CEO Mozilla John Lilly merilis keterangan resmi yang menyebutkan Firefox sukses menggaet lebih dari 30 juta pengguna hanya dalam kurun waktu dua bulan.

Tristan Nitot dari Mozilla Eropa menyebutkan, perkiraan data yang disebutkan Lily tersebut berdasarkan banyaknya jumlah panggilan masuk ke Mozilla selama 24 jam untuk mengecek ketersediaan update browser.

Mozilla kemudian menjadikan jumlah permintaan terhadap browser mereka sebagai indikator untuk mengetahui jumlah pengguna Firefox aktif harian. Jumlah tersebut kemudian dikalikan dengan tiga untuk mengakomodasi orang-orang yang tidak melakukan browsing setiap hari.

Berdasarkan asumsi tersebut, Mozilla melihat adanya peningkatan pengguna Firefox harian sebesar 10 juta pengguna dari total jumlah pengguna Firefox sebanyak 113 juta. Nitot menyebutkan, dengan dikalikan angka tiga, hasil jumlah totalnya menjadi 330 juta pengguna setiap bulan.

Setidaknya, perkiraan ini menjadi indikator yang baik bagi pertumbuhan Firefox. Meski pertumubuhannya berjalan sedikit demi sedikit. Firefox optimis bisa menggusur IE secara bertahap. Optimisme itu diperkuat dengan data yang menyebutkan IE yang mendominasi pasaran browser terus mengalami penurunan.

Data terbaru yang dirilis NetApplications pada September silam menunjukkan pangsa pasar IE jatuh sebesar 1,26 persen dari bulan sebelumnya. Tercatat pada bulan sebelumnya IE menduduki posisi sebesar 65,71 persen dari total pangsa pasar web browser.

Sementara Firefox, dalam waktu bersamaan terus mengalami peningkatan. Pada September kemarin, pangsa pasar Firefox mengalami sedikit kenaikan sebesar 0,77 persen menjadi 23,75 persen.

Browser ternama lain seperti Safari, Chrome dan Opera hanya mengalami peningkatan persentase pangsa pasar sebanyak satu digit saja. Safari tercatat menempati urutan ketiga dengan persentase pangsa pasar sebesar 4,24 persen. (Choi)

Sumber : Okezone.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger