.
4shared.com - Free file sharing and storage

Selasa, 16 Juni 2009

Protes Pemilu, Warga Iran Andalkan Twitter dan Facebook


TEHERAN - Pemerintahan Iran terus berusaha untuk mengendalikan laju penyebaran informasi di antara para pendemo, bahkan agar tidak keluar ke media massa. Langkah ini dilakukan dengan

menutup semua jalur komunikasi. Sesaat setelah Ahmadinejad dinobatkan sebagai pemenang pemilu di Iran, sontak seluruh pendukung oposisi langsung melakukan protes ke alan.

Saat itu pula, pemerintah Iran langsung memproteksi diri dengan memutus layanan pesan singkat (SMS) via ponsel. Tidak hanya itu, situs pribadi milik sang rival Hossein Mousavi langsung ditutup. Namun meski tidak bisa menggunakan ponsel untuk berkomunikasi, para pendukung Mousavi menggunakan Twitter, Facebook dan Youtube untuk saling memberitahukan keadaan yang terjadi di sekitar.

"Warga Iran pedukung Mousavi mulai menyuarakan pendapat mereka melalui internet dan sepertinya langkah ini memang berhasil. Revolusi ternyata akan berlangsung di internet/ blog," ujar reporter koresponden CBS News Science and Technology Daniel Sieberg.

Dengan YouTube, warga Iran memposting video peristiwa yang mewarnai aksi protes. Sedangkan peristiwa update setiap menitnya, diposting oleh para pendukung melalui Twitter dan Facebook. Dari sini, para pendukung lainnya dapat saling berbagi informasi.

Anehnya, meski pemerintah Iran telah menutup akses internet dan seluler di Iran, para pendukung Mousavi tetap saja bisa melakukan posting melalui media-media tersebut. (Choi)

Sumber : OKezone.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger