.
4shared.com - Free file sharing and storage

Kamis, 14 Mei 2009

Robot Pemadam pada KRCI


DEPOK – Kontes Robot Credas Indonesia (KRCI) 2009 di Balairung UI, Depok, Minggu (10/5) memperlombakan robot pemadam api.

Hal itu dilakukan karena pada dasarnya fungsi robot adalah untuk menggantikan manusia untuk melakukan pekerjaan berat dan dalam kondisi darurat yang tidak mungkin dilakukan manusia.

“Robot adalah untuk menggantikan manusia melakukan pekerjaan yang berat, berisiko, dan berbahaya,” papar Ketua Panitia KRI Bambang Sugiarto yang juga Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini di Depok, Minggu.

Format aturan pertandingan dalam KRCI 2009 dipilih dari aturan kontes robot sejenis yang telah diselenggarakan secara teratur di negara maju yaitu Intelligent Fire-Fighting Robot Contest yang diselenggarakan oleh Trinity College, Hartford Connecticut , USA dan telah berlangsung lebih dari 13 tahun.

Pemenang dari KRCI berpeluang mengikuti kontes serupa pada tahun 2010 di AS. Kontes ini diharapkan bisa mengembangkan kreativitas dan inovasi mahasiswa ditengah persaingan global di dunia. Dia optimis akan mampu bersaing dengan dunia internasional.

“Kontes ini menggunakan standar internasional. Oleh karena itu kita sangat optimis akan mampu bersaing dengan negara lain dan melaju ke Jepang,” ujarnya saat ditemui di sela-sela perlombaan. (choi)

Sumber : Pikiran-rakyat.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger