.
4shared.com - Free file sharing and storage

Minggu, 02 Agustus 2009

Berbekal Regenerasi, Robot Bandung Jadi Juara Nasional


Bandung - Satu lagi tim robotik dari Kota Bandung berbicara di ajang robotik nasional. Yah, tim robotik SMP dan SMA Trimulia Bandung meraih prestasi yang cukup memuaskan di ajang Indonesia ICT Award 2009 (INAICTA 2009) kategori robot, 28-29 Juli 2009 silam. Padahal awalnya hanya untuk meregenerasi tim robotiknya.

Dalam acara tahunan ini, tim robotik SMA Trimulia meraih juara pertama dan kedua, sementara tim robotik SMP Trimulia meraih juara kedua dan ketiga dalam kompetisi robotik kategori Maze Solving.

"Dua robot dari tim robotik SMA Trimulia, mencetak skor mutlak. Terpaut cukup jauh dari posisi ketiga. Kita kirimkan 5 tim dari SMA dan 4 tim dari SMP. Tapi untuk SMA, 3 tim itu benar-benar baru. Kita sedang siapkan regenerasi."

Chris, demikian dia akrab dipanggil, juga menambahkan bahwa kontes kali ini lebih rumit dan lebih menantang. Pasalnya jika dibandingkan dengan kontes Galelobot yang digelar ITB beberapa waktu lalu, arena pertandingan baru dibuka semenit sebelum lomba dimulai.

"Mirip dengen Galelobotnya ITB, tapi lebih ruwet. Kalau di Galelobot track sudah dibuka 2 bulan sebelumnya, di sini semenit sebelumnya. Kita diberi waktu 3 jam untuk memecahkan masalahnya. Ini prestasi yang membanggakan karena dalam 2 tahun terakhir selalu didominasi SMA N 28 Jakarta. Tapi rupanya tahun ini tahun orang bandung," kata pria yang juga menjabat sebagai Managing Director Next System.

Dari pencatatan waktu yang dilakukan oleh tim dari Next System di arena pertandingan, dua robot tim robotik SMA Trimulia mencapai finish dengan waktu 17 detik dan 19 detik, sementara peringkat ketiga mencapai finish dengan waktu terbaik 26 detik.

Pada awalnya Chris tidak menyangka tim binaanya akan menyabet juara. Karena dari awal hanya ingin melakukan regenerasi. "Ini bisa menjadi motivasi bagi anak-anak Bandung untuk bisa lebih maju lagi," kata pria berkaca mata ini.

Juara pertama Eric Christiandi, Steven dan Sutrisno. Ketiganya adalah siswa kelas XII SMA Trimulya. Sedangkan tim juara kedua adalah Samuel Christian, Ricky Disastra dan Rangga Nehemia. Ketiganya siswa kelas X SMA Trimulya.

Maze Solving merupakan salah satu kompetisi robotik yang memiliki tingkat tantangan yang cukup tinggi. Selain sisi teknis, peserta pun harus memiliki rencana strategis dan langkah implementasi terbaik untuk mencapai finish.

Dalam Maze Solving, robot harus bergerak menelusuri garis (line following) dan harus mampu menyelesaikan kombinasi garis serupa maze, yang bentuknya beragam. Mulai dari persimpangan dengan sudut bervariasi, tikungan, kurva, dan yang lainnya.

INAICTA 2009 merupakan event teknologi informasi dan komunikasi tahunan yang digelar oleh Departemen Komunikasi dan Informasi. INAICTA 2009 merupakan penyelenggaraan yang ketiga kali, sementara robotik baru dipertandingkan mulai INAICTA 2008. (Choi)

Sumber : Detikinet.com

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Linkedin Yahoo! Bookmarks Google Buzz Google Reddit Mixx Technorati RSS Favorites
 

Blog Archive

News Technology Computer © 2008 Business Ads Ready is Designed by Choi Rozs Supported by Blogger